728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 23 Februari 2019

Prediksi Caleg Lolos DPRD Kota Makassar Pemilu 2019

Potensi Caleg Terpilih DPRD Kota Makassar

Baca : Update Pantauan Pergerakan Caleg Sementara Waktu
                  disini >>>  15  Mei 2019

Oleh: Ir. Andi Ms Hersandy
( Pemimpin Redaksi Media Cetak Tabloid Harapan Rakyat )

Andi Ms Hersandy - Prediksi Caleg Lolos DPRD Kota Makassar
Bakal Anggota DPRD Makassar dari Dapil 1 s/d dapil V kini tengah mengadu kekuatan untuk sama-sama memperebutkan mahkota sebagai Legislator Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar tahun pemilu 2019 - 2024.  Meski kurang lebih dua bulan lagi penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 akan tetapi sudah bisa diprediksi hasil yang akan dicapai meskipun tidak sepenuhnya benar, namun berdasarkan jumlah perolehan suara caleg di tahun 2014 lalu sudah bisa dikalkulasikan sejumlah caleg petahana boleh dibilang cukup mendominasi akan lolos di lima dapil DPRD Kota Makassar dan akan berkantor di Jl. A. Pangeran Pettarani Lima tahun ke-depan dengan melihat antusias dan pergerakan mereka. 

Pemilu kali ini yang akan diselenggarakan 17 April 2019 akan jauh sangat berbeda dibandingkan ditahun-tahun sebelumnya dimana Golput sangat tinggi bahkan mencapai 25%, akan tetapi diprediksi untuk pemilu kali ini diperkirakan Golput berkisaran dibawah 10%. Penyebabnya adalah adanya Gerakan #2019 Ganti Presiden yang menyertakan dan disponsori oleh para Ulama-ulama yang tak menginginkan kekuasaan akan tetapi menginginkan perubahan. 

Diketahui Golput terbesar dalam sejarah Pemilu RI ada pada suara Ummat Muslim dan itu tak bisa dipungkiri.  Kelompok-kelompok ormas Islam disinyalir banyak menyumbangkan Pemilih Golput karena menganggap Piileg tak punya arti akan tetapi paradigma prasangka itu kini di 2019 sangat dimungkinkan berkurang dan boleh dipastikan akan terkikis dengan #2019 ganti presiden tersebut.  #2019 ganti Presiden suka atau tidak suka akan sangat berpengaruh pada partai yang kontra dan pro terhadap asteg tersebut.  Isu sara dengan adanya pendukung penista agama boleh jadi akan mengerut Suara Pro Penista agama ( Pendukung Ahok ) secara signifikan, Namun untuk Pemilihan DPRD Kota kemungkinan pengaruhnya tidak sebesar DPR-RI. 

Munculnya Dua Partai yang tentu akan memperoleh suara karena mereka punya caleg.  Dua Partai yang dimaksud adalah Perindo dan PSI.  Dua partai ini mau tidak mau, suka atau tidak suka diprediksi akan menguras perolehan suara PDI-P.

Untuk Pemilu 2019, 760 Caleg DPRD Kota Makassar memperebutkan 50 Kursi. Dari hasil tanya jawab kepada pemilih dimasing-masing dapil dan intipan kinerja serta dukungan personil dan kelompok masing-masing caleg, Berikut ini Prediksi caleg lolos DPRD kota Makassar periode 2019-2024.

*Dapil I ( Makassar, Ujung Pandang dan Rappocini )

Dapil ini memunculkan nama-nama baru seperti Isteri Mantan Gubernur Sulsel Appiyati Amin Syam.  Appiyati dipastikan menjadi pesaing kuat Ketua DPD II Partai Golkar Makassar, Farouk Mappaseling Betta. Pada Pemilu 2014, Aru nyaris gagal ke DPRD Makassar. Suaranya selisih tipis dengan Haris Yasin Limpo, yang kini menjabat direktur PDAM Makassar.  Tentu situasi seperti 2014 akan menjadi pelajaran yang sangat berarti Bagi Sang Ketua DPRD Kota Makassar Dua Periode ini.  Untuk Pemilu 2019 mendatang Dua kandidat ini ( Aru dan Appiyati ) diprediksi salah satu diantaranya akan Terpilih dan sangat berat untuk keduanya terpilih.  Untuk mendapatkan jatah Dua Kursi Golkar perlu tambahan suara dari para calegnya terutama pendatang baru seperti Appiyati, Syamsul Maa'rif serta Wulandari.

Pendatang baru didapil ini yang sangat berpotensi untuk Mewakili Partainya duduk diparlemen Kota makassar adalah A. Muh. Akbar dari partai Demokrat.  Beliau adalah Dosen di Universitas Muslim Indonesia.  Pada tahun 2014 Partai Demokrat mendudukkan satu wakilnya pada dapil ini yakni Agung Wirawan yang untuk 2019 tidak mengisi lagi Formulir sebagai calon legislator, dengan demikian besar kemungkinan suara Partai Demokrat akan disedot oleh Andi Muh Akbar dan mewakili Partai Demokrat di DPRD Kota Makssar 2019-2024.  

Untuk jatah wakil dari PKS incumbent Mudzalkir Ali Djamil tidak masuk dalam daftar caleg PKS akan tetapi suara PKS diyakini tetap akan menyumbangkan Wakilnya di Parlemen Kota Makassar karena suara PKS dikenal militan dan Panatik meskipun tanpa pigur. Untuk PKS ada Ketua PKS Makassar Anwar Faruk yang cukup berpeluang.

Berikut Nama Caleg Dapil I Yang Berpotensi Untuk Lolos DPRD Kota Makassar  

1. Fasruddin Rusli ( PPP )
2. Erik Horas ( Gerindra )
3. Andi Muh. Akbar ( Demokrat )
4. Irwan Djafar / Dirwan Dirga ( Nasdem ) / Ruslan Mahmud ( Perindo )
5. Farouk M Beta / Appiyati Amin Syam  / Wulandari ( Golkar )
6. Ghivary C.M Putra ( Berkarya ) / Munir Mangkana ( PDIP )
7. Amrullah Jaya / Anwar L / Muchlis (  Hanura ) / Appiyati / Syamsul M (Golkar)
8. Anwar Faruk, S.Kom  / dr. Andi Maryam ( PKS )
9. H. Zaenal Daeng Beta ( PAN )

Baca : Update Pantauan Pergerakan Caleg Sementara Waktu DPRD Kota Makassar Pemilihan Umum 2019
                  disini >>>  15  Mei  2019

*Dapil II ( Kecamatan Wajo, Tallo, Ujung Tanah dan Bontoala )

Target untuk menduduki perwakilan dapil II ini juga sangat ketat.  Ada beberapa petahana yang masih ingin bertahan sebagai pegawai Rakyat di DPRD Kota Makaasar, Nama-nama  petahana itu adalah Hj. Fatma Wahyuddin ( Demokrat ), Abd. Wahab Tahir, SH  ( Golkar ), Andi Pahlevi ( Gerindra ), HM. Yunus ( Hanura ), Rudianto Lallo ( Nasdem ), Basdir, SE, Wiliam ( PDIP ). Patahana dari Golkar Sahruddin Said kini berganti baju dari kuning menjadi Biru dan boleh diprediksi akan kembali menduduki Jabatan Legislator tersebut mewakili PAN yang pada pemilu lalu mendapatkan suara cukup signipikan 6.363 Suara, dan ini bisa menjadi batu sandungan bagi Golkar yang pada tahun 2014 mendapatkan dua jatah kursi.  Hampir dipastikan suara Golkar akan berpindah ke PAN

Meskipun petahana masih sangat berpeluang untuk lolos namun caleg-caleg yang sudah berpengalaman dan Caleg pendatang baru untuk dapil ini tak boleh dipandang sebelah mata.  Ada Ir. H. Rahmawajid yang sangat berpengalaman jadi Caleg dan bahkan Pernah menjadi Legislator dari Partai Golkar.  Rahmawajid akan bersaing ketat dengan Sampara Sarif sang Petahana.

Pendatang baru yang sangat berpeluang Untuk Lolos Jadi Angota Palemen DPRD Makassar adalah Agussalim ( PKS ).  Agussalim adalah penggerak 212 Wilayah Sulsel.  Beliau dikenal sangat peduli dengan kemanusiaan. Berbekal sebagai Sekretaris DPD FPI Sulawesi Selatan sangat dipopulerkan oleh para Laskar dan simpatisan FPI Makassar yang memang terbanyak di dapil ini.  Agusalim adalah mantan Ketua DPW FPI Makassar Dua periode.  Beliau dikenal sebagai salah satu orang yang paling berjasa mengembangkan Ormas Islam FPI.  Ribuan orang telah direkrut menjadi Laskar FPI semenjak menduduki jabatan Ketua DPW hingga saat ini sebagai Sekrtaris DPD FPI Sulsel.  Bahkan dalam Penanggulan Bencana Palu dan Gowa beliaulah ditugasi sebagai Motivator penggerak tanggap bencana, dan al-hasil 17 April 2019 Relawan FPI mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Gowa.. Adnan P. IYL. Sekilas inilah yang membuat peluangnya lolos sangat besar.

Berikut Nama Caleg Dapil II Yang Berpotensi Untuk Lolos DPRD Kota Makassar

1.   HJ. Fatma Wahyuddin (Demokrat)
2.   Abd. Wahab Tahir, SH  ( Golkar )
3.   Andi Pahlevi ( Gerindra )
4.   IR. H. Rahmawajid / Sampara Sarif ( PPP )
5.   Wiliam / Bahar Machmud ( PDIP ) / Askar ( Perindo )
6.   HM. Yunus ( Hanura ) /  Partai Berkarya
7.   Rudianto Lallo / Melani Simon ( Nasdem ) / Hj. Andi Astiah ( PKS )
8.   Basdir, SE / Ir. Haeruddin  ( Demokrat )
9.   Sahruddin Said ( PAN ), / H. Andi Tenri Muntu ( Golkar )
10. Agussalim (PKS) 

*Dapil III ( Kecamatan Biringkanayya,  Tamalanrea )

Pertarungan di Dapil 3 diwarnai banyaknya Petahana yang tetap ingin menjadi legislator.  Melani Mustari ( Golkar ), Syarifuddin Badollah ( Demokrat ), Lisdayanti Sabri ( Gerindra ), Mario David ( Nasdem ), Abdi Asmara ( Demokrat ), H. Syarifuddin ( Demokrat ), Sangkala Sadiko ( PAN ), Abdul Wahid ( PPP ) adalah caleg Petahana yang diprediksi masih berpeluang untuk lolos.  Dua nama petahana yang tidak ikut bertarung di 2019 ini adalah  Andi Abdul Kadir ( Hanura ) dan Muh. Ikbal  Djalil ( PKS ).   

Sementara satu petahana lainnya H. Andi Hasir ( Golkar ) menyerahkan calegnya ke sang Putra Andi Suharmika.  Saingan terbesar Andi Suharmika adalah Anas Saini yang pada tahun 2014 mendapatkan suara 3.200.  Bukan cuma itu ada satu nama yang cukup dapat meraup suara pemilih yakni Andi Haras halid adik kandung Mantan Ketua PSSI Nurdin halid. Tidaklah tertutup kemungkina Golkar bisa mendaptkan 3 jatah kursi didapil ini yang penting bisa mengalahkan Partai Gerindra, Perindo.   

Besar kemungkinan jatah Petahana Hanura akan diperebutkan oleh caleg dari partai Berkarya, Perindo dan Golkar,  Sedangkan untuk PKS persaingan akan terjadi pada koleganya sendiri.

Partai Gerindra untuk dapil ini besar kemungkinan mendapatkan jatah Dua Kursi dengan melihat kinerja para calegnya yang sangat gigih semisal Nunung Dasniar Asis. Caleg inilah yang sangat berpotensial lolos Mewakili partai Gerindra disamping Lisdayanti Sabry  sang Petahana.  Kalaupun Gerindra mendapatkan hanya Satu Jatah maka  Lisdayanti Sabry  dan Nunung akan memperebutkannya dengan Suara Terbanyak.  Diketahui Lisdayanti Sabry pada tahun 2014 mendapatkan suara 5.527 dan sebagai urutan Pertama Suara Terbanyak dari 10 caleg tepilih, akan tetapi melihat penomena dari survey HarapanRakyat, Nunug Dasniar bisa saja nelampaui suara tersebut,

Tambahan Jatah satu kursi yang tadinya 10 menjadi 11 dengan total pemilih sebesar 185.432 membuat pertarungan didapil semakin plong.  Empat jatah kursi lowong yang tidak diisi oleh para Petahana, untuk itu para caleg pendatang baru atau caleg yang telah beradu nasib di tahun pemilu sebelumnya memeperoleh peluang yang lebih besar ketimbang ke Empat Dapil yang lain.

Berikut Nama Caleg Dapil III Yang Berpotensi Untuk Lolos DPRD Kota Makassar 

1.   Syarifuddin Badollahi  ( Demokrat )
2.   Melani Mustari – Golkar
3.   Lisdayanti Sabri – Gerindra ),
4.   Sangkala Saddiko / Sukarno Lalo ( PAN )
5.   Mario David  / Ibrahim Saleh ( Nasdem )
6.   Abdi Asmara ( Demokrat )
7.   Andi Suharmika / Andi Aras Halid / Anas Saini ( Golkar )
8.   Andi Hadi Ibrahim / Rugiyah S.Ag  / Idrus HS ( PKS )
9.   Abdul Wahid ( PPP ) / Sawaluddin Arief ( Gerindra )
10. Drs. H.Bachtiar / Caleg Lainnya( Berkarya ) / M.Tawing ( PAN ) / Rais ( Perindo )
11. NUNUNG DASNIAR AZIS /
      / Rais ( Perindo ) / Andi  Aras Halid ( Golkar )
 
*Dapil IV ( Kecamatan Panakukkang, Manggala  )

Mantan Kepala Dinas Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengisi caleg  di Partai Berkarya Makassar pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 pada dapil Empat ini.
Dia adalah Ridwan Muhadir (mantan Kadis PU).  Tentu dengan hadirnya Ridwan Muhadir akan menambah persaingan ketat di dapil ini.  Selain itu sejumlah petahana masih mengisi bakal Calon DPRD Kota Makassar.  Hanya PKS tidak mengirimkan lagi Patahannya yakni Haslinda.  Haslinda naik kelas ke DPRD Propinsi Sulsel. 

Ada pendatang Baru pada susunan Caleg Partai PKS yakni Azwar, ST adik  Zaitun Rasmin ketua Wahda Islamiyah yang juga sebagai pengurus MUI Pusat dan sangat aktif di GNPF Ulama dan Gerakan 212.  Azwar diprediksi akan mewakili PKS didapil ini.

Munculnya pendatang baru mantan Legislator DPRD Propinsi Sulsel Andi Tenri Atta Lantara yang turun tahta menjadi caleg DPRD Kota Makassar membuat persaingan di Partai Golkar semakin ketat apalagi setelah ditinggal sang petahana Rahman Pina yang naik Kelas ke DPRD Propinsi.  Pada tahun 2014 Suara Rahman Pina tidak jauh beda dengan Nurhaldin dan bahkan saat itu terjadi perselisihan namun akhirnya Rahman Pina tetap memenangkan sengketa suara antara kader Golkar tersebut.  Pada 2019 ini Tugas Andi Tenri Atta Lantara adalah mengalahkan Nurhaldin jika ingin Duduk sebagai Legislator. Jika merujuk pada pengalaman, Andi Tenri Atta Lantara sangat berpeluang Besar sebagai caleg Sukses untuk bertahtakan nama sebagai Anggota Dewan 2019-2024. Sekedar diketahui Nurhaldin adalah anak dari Ketua DPD Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid.

Berikut Nama Caleg Dapil IV Yang Berpotensi Untuk Lolos DPRD Kota Makassar

1.  Syamsuddin Kadir (Golkar)
2.  Adi Rasyid Ali / Mulyadi Mustamu (Demokrat)
3.  H. Ridwan Muhadir / M. Nasir R ( Berkarya ) / Mesak Raymond ( PDI-P )
4.  Amar Busthanul / Kasrudi (Gerindra)
5.  Supratman ( Nasdem ) /
6.  Azwar, S.T (PKS)
7.  Hamzah Hamid (PAN)
8.  H. Jufri ( Hanura ), / Mesak Raymond ( PDI-P )
9.  Ir. Haji Abdul Aziz Namu (PPP)
10. Andi Tenri Atta Lantara / Nurhaldin (Golkar) 

* Dapil V ( Kecamatan Mamajang, Mariso, dan Tamalate )

Dapil pada tahun 2014 memperebutkan 11 kursi  yang kini tersisa sepuluh jatah terbilang paling Berat untuk Caleg-caleg yang belum berpengalaman.  Beberapa Petahana diperkirakan akan mendominasi perolehan suara 17 April mendatang dan boleh jadi mereka akan kembali berkantor di. Jl. Pangeran Pettarani.

Indira Mulya Sari adalah salah satu Petahana yang tidak mendaftar caleg di DPRD Kota Makassar karena  beliau mencoba mengadu nasib di DPRD Propinsi Sulsel dapil Makassar B, Sementara PAW-nya Kamaruddin Olle minim suara yang hanya mendaptkan 1600 suara pada saat pemilu 2014 lalu.  Olehnya itu kemungkinan Nasdem sangat kecil untuk mendapatkan satu suara didapil ini kecuali Kamaruddin Olle bekerja keras menambah dukungan dari masyarakat pemilih.

Petahana lain adalah Andi Zainuddin menggantikan ( PAW ) Arifuddin Dg. Kulle yang kini menjadi Caleg pada partai Demokrat dapil yang sama pada tahun 2014 hanya mendaptkan kurang lebih 600 pemilih.  Olehnya itu petahana dari PKPI kemungkinan besar sangat berat untuk tetap bertahan.  Bahkan dari prediksi ini untuk tahun 2019 PKPI tidak dapat lagi menyumbangkan wakilnya di DPRD Kota Makassar
.
Selanjutnya dalam pertarungan dapil ini ada Yusup Gunco mantan legislator DPRD Kota Makassar dua periode mewakili partai Golkar,  meski saat ini mengendarai Partai Baru ( Berkarya ) tetapi diprediksi akan mengisi salah satu kursi di DPRD Kota Makassar apalagi Yusup Gunco didampingi Mantan Kesbangpol Kota Makassar Andi U Gipyang Lantara dan tidak tertutup kemungkinan Berkarya bisa mendapatkan dua kursi untuk dapil ini.

Berikut Nama Caleg Dapil V Yang Berpotensi Untuk Lolos DPRD Kota Makassar  

1.   Susuman Halim ( Demokrat )
2.   Ir H. Andi Nurman (Golkar)
3.   Yusup Gunco / A. Gypyan Lantara ( Berkarya )
4.   Arifin Daeng Kulle / Annisa Tyas Palupi / Henny Handayani ( Demokrat )
5.   Hasanuddin Leo ( PAN )
6.   Yenni Rahman ( PKS )
7.   Baharuddin Ophier  / Imran R. Adnan ( Gerindra )
8.   Busranuddin Baso Tika ( PPP ) / Andi Vivin Sukmasari ( PDIP )
9.   Sinta Mashita M ( Hanura ) / A. Gypyan Lantara ( Berkarya )   
      Andi Vivin Sukmasari ( PDIP ) 
10. Robby Harun  / Raup Rahman ( Gerindra ) / Kamaruddin Olle ( Nasdem )

Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi para pemilih dan juga Caleg DPRD Kota Makassar baik yang belum masuk prediksi maupun yang telah dan menjadi populer saat ini. Semoga setelah terpilih nanti tidaklah menjadi angkuh dan sombong karena anda terpilih bukan kehendak anda sendiri...Ingat Pemilih adalah diatas keinginan anda.  Tulisan ini diharapkan menjadi motifasi bagi sang caleg untuk lebih giat bersosialisasi tanpa ada iming-iming sembako dan uang.  

Ctt: Prediksi Ini akan Kami Update Sampai Menjelang Pemilihan Umum 17 April 2019

                  disini >>>  15  April 2019


Ctt: Prediksi Ini akan Kami Update Sampai Menjelang Pemilihan Umum 17 April 
2019 ....Lihat Disini

Entry ini telah tayang di www.harapanrakyat.online
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Prediksi Caleg Lolos DPRD Kota Makassar Pemilu 2019 Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan