728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 13 Juli 2019

HP Ilegal Akan Di-Blokir, Cek Imei HP Anda

Blokir HP BM

SulselNews-Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) bersama dua kementerian lainnya yakni Kemenkominfo dan Kemendag akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel ilegal di Indonesia. Regulasi terkait pemblokiran ini akan ditandatangani pada 17 Agustus mendatang. 

Mekanisme pemblokiran menggunakan deretan nomor IMEI sebagai acuan. IMEI yang tidak terdaftar pada mesin identifikasi milik Kemenperin, akan diblokir oleh operator seluler, sehingga ponsel tidak akan dapat digunakan.  

Salah satu pertanyaan yang muncul ketika regulasi pemblokiran IMEI di terapkan adalah mengenai nasib ponsel ilegal yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus ?  namun K
emenperin memastikan bahwa ponsel blackmarket yang telah dimiliki sebelum tanggal 17 Agustus tidak akan langsung terblokir


Menurut pihak Kemenperin, akan ada proses "pemutihan" dalam jangka waktu tertentu. "HP BM yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus akan mendapatkan pemutihan yang regulasinya sedang disiapkan," demikian penjelasan Kemenperin. 

Pemutihan adalah periode di mana pemilik ponsel BM bisa meregistrasikan nomor IMEI mereka ke database Kemenperin, sehingga ponsel mereka tidak terblokir setelah regulasi mulai diterapkan.


Bagaimana jika membeli ponsel di luar negeri setelah tanggal 17 Agustus tersebut ? menurut Kemenperin, setelah regulasi ditandatangani, pengguna tidak akan lagi bisa menggunakan ponsel yang dibeli di luar negeri.  HP impor yang dibeli setelah 17 Agustus tidak dapat digunakan di Indonesia.  

Mengenal DIRBS, Mesin Identifikasi dan Blokir Ponsel BM di Indonesia Pihak Kemenperin mengatakan masyarakat saat ini tidak perlu panik dan terburu-buru untuk mengecek nomor IMEI mereka apakah terdaftar atau tidak. Pasalnya saat ini Kemenperin masih memersiapkan halaman cek imei.  Saat ini halaman cek IMEI sedang disiapkan,  kemenperin mengumpulkan data IMEI yang disamakan dengan operator untuk aplikasi cek IMEI,

Mekanisme akan memanfaatkan nomor IMEI agar database berisi nomor IMEI ponsel yang masuk secara resmi ke Indonesia. Jika nomor IMEI sebuah ponsel tak terdaftar pada database tersebut, kemungkinan besar ilegal. 

Bagaimana cara mengecek apakah ponsel yang Anda gunakan saat ini ilegal atau resmi? Pertama, tekan tombol *#06# pada ponsel. Selanjutnya bakal muncul rincian nomor IMEI dan serial si ponsel. 

Masukkan 15 digit nomor yang tersedia, kemudian tekan tombol "simpan". Jika IMEI terdaftar, tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut: 

IMEI yang terdaftar pada halaman Kemenperin.
IMEI Terdaftar



Sementara jika tidak terdaftar, halaman akan memberi keterangan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada dalam database Kemenperin. 

IMEI tidak terdaftar pada halaman Kemenperin.

IMEI Tidak Terdaftar
Regulasi pemblokiran ponsel blackmarket, setidaknya ada tiga kementerian yang harus terlibat, yakni Kemenperin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).  Ketiga kementerian memiliki peran masing-masing dalam pemblokiran. Kemenperin memiliki sistem validasi IMEI yang dapat mengecek apakah sebuah ponsel ilegal atau legal. Komenkominfo lantas meminta operator seluler memblokir jaringan yang digunakan oleh ponsel ilegal, kemudian Kemendag mengawasi proses perdagangan ponsel tersebut.


@2019: isw
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: HP Ilegal Akan Di-Blokir, Cek Imei HP Anda Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan