728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 13 Juli 2019

Pemblokiran IMEI Ponsel Kemunduran Teknologi


SulselNews-Pemerintah akan memberlakukan blokir IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada 17 Agustus 2019. Kebijakan tersebut dinilai kemunduran teknologi di Indonesia.

IMEI adalah nomor identitas khusus dari asosiasi GSM untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel. Ponsel yang memilik

i dua slot kartu GSM akan memiliki dua nomor IMEI.
Menanggapi pemblokiran IMEI, Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tidak tepat.

“Kebijakan tersebut menurut saya sangat aneh karena akan memundurkan transfer teknologi yang sangat cepat sekali saat ini,” kata Huda kepada Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin (12/7)
Huda mencontohkan, jika masyarakat Indonesia membeli handphone dari luar negeri dan telah taat bayar bea masuk tapi tidak bisa digunakan padahal itu secara hukum legal. Turis luar negeri juga tidak bisa menggunakan handphone dalam negeri karena IMEI-nyA berbeda.
“Jadi kebijakan ini sungguh tidak tepat,” ucap Huda.

Terkait regulasi IMEI, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail mengatakan, selain untuk memberantas penjualan ponsel pasar gelap (black market), regulasi IMEI juga bisa membuat pelaku pencurian ponsel jera.

“Kaena kalau ponsel hilang setelah membuat laporan polisi, maka ponsel itu tidak akan bisa diaktifkan lagi. Pakai SIM card manapun nggak bisa,” ujar dia di Jakarta, kemarin (12/7).

Ismail menjelaskan, hal itu bisa terjadi lantaran setiap operator sudah menyandingkan atau memasangkan (pairing) masing-masing nomor pada SIM card dengan ponsel yang digunakan. Jika proses kehilangan disebabkan pencurian dan melalui proses pelaporan polisi maka polisi akan berkoordinasi dengan pihak terkait kemudian operator memblokir ponsel tersebut.

Dia meluruskan, definisi blokir dalam hal ini bukan artinya ponsel tidak bisa digunakan sama sekali. Namun ponsel masih tetap bisa dioperasikan, namun tidak bisa menerima layanan operator seluler. Tapi, ponsel sebenarnya tetap bisa mengakses internet sepanjang ada jaringan Wi-Fi

“Saya mau klarifikasi istilah ‘diblokir’, yang diblokir itu layanannya, bukan sama sekali tidak bisa buka ponsel,” tutur dia.


Menurut dia, ke depan pasti terjadi kasus kloning IMEI sehingga ada satu IMEI yang bisa digunakan di dua ponsel. Dan itu dipastikan ponsel ilegal.

@2019 : isw

sbb: https://fin.co.id/2019/07/13/regulasi-imei-ponsel-kemunduran-teknologi/
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pemblokiran IMEI Ponsel Kemunduran Teknologi Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan