728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 03 Agustus 2019

Impor Rektor Asing Akan Segera Dibuatkan Regulasi


Mohamad Nasirm, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)  mengaku telah mengantongi izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal rencana pemerintah yang akan mendatangkan rektor asing dari luar negeri.  

Mohamad Nasir berencana mempercepat pembuatan regulasi terkait penggunaan jasa pimpinan perguruan tingg ( Rektor ) dari luar negeri di beberapa Universitas di Indonesia.  Menurutnya, pemanfaatan jasa Rektor orang Asing dianggap akan cukup mampu untuk memperbaiki peringkat universitas-universitas di Indonesia.  Ia juga mengaku telah menyampaikan ke pemerintah dalam hal ini presiden Jokowi

"Sudah saya sampaikan secara lisan, Bapak Presiden setuju," katanya kepada awak media usai menghadiri pengambilan sumpah dokter baru Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/8/2019).

Selanjutnya, kata dia, rencana tersebut akan disampaikan dalam rapat kabinet agar dapat direspons, dan setelah semuany disepakati, selanjutnya ke tahapan berikutnya yakni akan dilakukan perbaikan terhadap tata kelola serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Budget, sistem akan ditata. Undang-undang harus diperbaiki," katanya.

Rencana Penerapan wacana rektor asing  akan dimulai pada 2020 itu diawali dengan pemetaan perguran tinggi yang akan melaksanakannya. Menurutnya di Indonesia terdapat sekitar 4.700 perguruan tinggi dan nantinya akan diterapkan secara bertahap.  Tahap awal akan diambil contoh di dua sampai lima perguruan tinggi untuk pelaksanaannya.

"Bisa PTN-BH, bisa Swasta, akan dilihat dulu," katanya.

Sementara, sebelumnya pada Rabu 31 Juli 2019 di Gedung Nusantara DPR-MPR, wakil ketua DPR Fahri Hamzah menkritik langkah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang menggulirkan wacana mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.  Fahri menilai Menristekdikti tak memiliki gagasan kuat untuk memodernisasi PTN ( Kampus )

"Harusnya malu dia tidak sanggup memodernisasi kampus, bukan mala sedikit-sedikit cari rektor Asing," kata Fahri sambil berkelakar

"Kita merem aja, nontonin orang asing kerja buat kita, kayak jaman belanda dulu. Seolah-olah kalau dilepas ke orang asing semuanya jadi beres, ya, gak juga. yang bertanggung jawab regulatif dan konsep opersionalnya kan ada pada pemerintah sebagai pembuat undang-undang dan sebagai pengelola sektoral," Lanjutnya

Fahri juga menjelaskan bahwa menteri itu mengelola sektoral yang mestinya memakai kekuatan politiknya untuk mengelola sektor tersebut sehingga menjadi maju, bukannya melepas tangan ke orang lain.

Red: Andi
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Impor Rektor Asing Akan Segera Dibuatkan Regulasi Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan