728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Rabu, 17 Juli 2019

Cara Mengatasi URL yang Diitandai ‘noindex’


URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

'noindex' terdeteksi di tag meta 'robots'


URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

SulselNewsOnline-Dalam menjalankan Web. Blog yang menggunakan Domain Custom apabila menggunakan Google Search Console terbaru dan selalu submit artikel yang baru saja kita terbitkan lalu di Inspeksi url pasti dan akan mengalami walaupun hanya sekali yang namanya permintaan pengindeksan ditolak. Sebagai pengalaman penulis ingin memberikan sedikit masukan tentang Search Console terbaru yang rilisnya sangat berbeda dengan Versi lamanya.  

Dalam hal ini kami tidak mengguankan submit yang lain semisal, plugin All In One Seo atau plugin Google Xml sitemap. kami menggunakan hanya Google Webmaster Tools atau Google Search Console.  Dalam versi terdahulu atau versi lawas, pasti pernah submit artikel kalian dengan fitur Fecth as Google. Di Fecth as Google ini terdapat 3 status, yaitu Selesai, Sebagian dan Dialihkan. Namun untuk versi barunya sangat berbeda. 

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’ biasanya terjadi karena ada suatu kesalahan dalam mengirimkan sitemap. Error ini bisa  dijumpai jika menggunakan webmaster tool atau Google search console. URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’ merupakan kata dalam bahasa Indonesia, jika webmaster tools menggunakan bahasa Inggris, maka kata tersebut menjadi Submitted URL marked ‘noindex’

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’ atau Submitted URL marked ‘noindex’ Penulis pernah mengalaminya, berdasarkan error yang kami alami tersebut oleh karena adanya  kesalahan mengirimkan sitemap dalam bentuk sitemap.html. Kesalahan ini disebabkan dari plugin Google sitemap xml, atau penggunaan robotxt khusus yang diaktifkan pada pengaturan preferensi penelusuran.

Untuk itu dalam penggunaan robots txt khusus perlu kehatia-hatian sebab jika tidak boleh jadi artikel dan url web akan hilang dipencarian google.  Gunakan robots txt yang betul-betul bermanfaat bagi web kita, jangan menggunakan hasil analisa yang tidak menguntungkan.  Silahkan menggunakan robots txt rekomendasi google search consule.  Atau boleh melihat dan mengikuti situs / web-web yang artikelnya selalu terdapat pada halaman awal dalam pencarian google dengan menambahkan robots txt dibelakang url web tersebut.   

seperti ini - https://www.indonesiabersatu.id/robots.txt

Berikut Solusi Permintaan Pengindeksan Ditolak di Google Search Console Terbaru

Submit Ulang

Cara ini bisa dilakukan untuk kembali meng-submit ulang url postingan terbaru di inspeksi url. Biasanya permintaan pengindeksan ditolak setelah kita meminta proses pengindeksan bahkan proses sudah berlangsung beberapa menit namun malah ditolak. Hal ini merupakan penolakan oleh robot txt yang ditandai 'nonindex'

Namun jangan pernah putus asa submit ulang saja mulai dari langkah pertama di Google Search Consule. Silakan Copy Url halaman artikelnya terlebih dahulu, selanjutnya klik inspeksi url dan paste url atau link dari postingan terbaru atau postingan lama yang ingin di index ulang. Setelah selesai silakan klik Minta Pengindeksan

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

Langkah seperti memungkinkan keberhasilan Artikel yang di submit muncul di seach goole sangat tinggi oleh karena di Google Search Console terbaru ini sudah sempurna, ini juga memungkinkan robots txt akan melepas artikel yang telah ditandai nonindex. Dalam pengalaman kami, terkadang mengulang berkali-kali sampai penandaan nonindeks itu hilang dan yang akan muncul gambar seperti pesan seperti dibawah ini:

Google Search Console URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

Jika gambar pesan tersebut telah muncul, hanya sekedar menunggu beberapa saat Artikel yang telah di inpeksi url akan muncul dengan sendrinya di pencarian Google. 

Jika sudah submit ulang namun tetap saja ditolak, silakan menuunggu beberapa saat lagi untuk melakukan proses submit ulang atau pengindeksan yang berikutnya. Sering kali memang kita harus menunggu beberapa saat untuk bisa melakukan proses ini.  Biasanya lama menunggu untuk memulai  2 sampai 5 menit, atau jika tetap nonindek tunggulah 6 sampai 12 jam lalu indeks lagi dan dilakukan selama dua hari.

Akan tetapi bila keadaan itu terus tak memberikan hasil dan inpeks yang kita lakukan terjadi error yang ditandai Url noindek sebaiknya anda melakukan langkah yang ke Dua

Edit artikel 



Masuk ke artikel dan editlah artikel yang akan di submit. Pertama tekan kembali ke Draf, kemudian kelangkah Kedua buka centang default, ketiga, centang ' noodp ' dan setelah itu jangan lupa centang ulang 'default' lalu langkah selanjut tekan Publikasikan.  

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

Setelah langkah ini diambil, silahkan kembali submit ulang artikel tersebut di inpeksi Url Google Webmaster atau Google Seasrch Consul.  Ulangi langklah seperti pada poin awal.  Tunggu hingga selesai.

Biasanya keberhasilan langkah ini mencapai 95%, akan tetapi apabila langkah ini masih tetap robots tex masih menandai Url artikel anda dengan URL tidak ada di Google yang ditandai dengan nonindex atau terjadi error pengindesaan maka mungkin perlu anda merubah total Artikel yang anda submit oleh karena mungkin saja Artikel yang ada submit adalah hasil copy Paste dari web lain.  

Namun apabila anda sangat yakin bahwa Artikel yang disubmit adalah hasil kerja sendiri meski sedikit mengambil literatur di web internet maka saatnya melakukan tindakan yang ketiga yakni merubah HTML yang berada dalam Tema web blog. 

Edit HTML 

Biasanya pengakibat nonindex karena adanya sitemap.html terdapat script meta robots yang isinya noindex. Script ini memberikan perintah pada google bot agar halaman tersebut tidak perlu diindex, padahal url tersebut terdaftar di peta situs. Hal ini yg membuat bot mengirimkan email tersebut.

Kalau memang tidak menginginkan halaman tersebut diindeks, berarti tidak ada masalah, google hanya memberikan pemberitahuan saja. Nah disini tergantung bagaiman memasukkan peta situs dalam Google Search Consule.  format peta situs tergantung kita memaknai dan apa yang akan kita lakukan.  Tapi biasanya tidak perlu sitemap.html yang berbelit-belit, lebih baik mengukuti yang defaul saja dan sedikit menambah namun jangan keterlaluan.  Carilah peta situs yang dapat menangkap atau merayapi situs dengan maksimal.

Silahkan masuk edit HTML blog.  Tekan Cntrol F untuk mencari tulisan 'nonindex'.  

Eror yang terjadi dengan ditandai dengan nonindex biasa terjadi karena robots txt menganalisa artikel karena adanya meta seperti dibawah ini'

<meta name='robotscontent='noindex,follow' />

atau seperti ini
<meta content='nonindex,nofollow' name='robots'/>

Jika ingin situs atau artikel kembali bisa diindeks, maka tag 'noindex' tersebut cobalah dihapus, atau diganti menjadi 'index'. Kemudian save HTML  lalu kembali ke Google Serarch Console.  

URL yang dikirimkan ditandai ‘noindex’

Lakukan submit ulang semua artikel yang semula erorr.  Biasanya setelah kita Submil, 'URL tidak ada di Google: Terjadi error pengindeksan' tetap muncul, namun jangan kuatir, ulangi tekan MINTAPENGINDEKSAN.  Setelah itu tunggu hasilnya beberapa menit atau bisa saja sampai sejam tergantuang antrian search google untuk artikel yang disubmit. Cek hasilnya dengan memasukkan url artikel tersebut.  Setelah terindex, copy judunya saja lalu paste dipencarian google da enter.

Seberapa jauhkah halaman pencarian google untuk url artikel anda ? silahkan cari sendiri.

Demikian 3 langkah cara mengatasi URL atau Artikel yang ditandai dengan 'nonindex'  Dengan langkah tersebut dijamin sangat memuaskan dan akan melepaskan masalah anda dari nonindex akibat robotxt memblokir artikel yang mestinya telah di index oleh pencarian Google.  

Semoga artikel ini bermanfaat.  Tinggalkan komentar sebagai tanda anda telah berkunjung di artikel ini. 

Jangan lupa pilih sponsor kami karena mungkin saja diantaranya ada yang sangat dibutuhkan.

Red: Andi
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Mengatasi URL yang Diitandai ‘noindex’ Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan