728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Kamis, 05 September 2019

Peternakan Babi Dalam Kota Makassar Diprotes Warga, Pemkot Keluarkan Larangan



SulselNews.Online-Sebuah peternakan Babi milik warga dikota makassar kini menjadi heboh setelah beberapa warga sekitar lokasi merasa keberatan dengan adanya Peternakan dalam kandang sejenis Babi, dan kini telah dilarang oleh pemkot kota Makassar. Aktivitas peternakan tersebut mendapat protes warga sekitar. Warga mengeluhkan pencemaran udara akibat bau kotoran babi yang berasal dari kandang peternakan. 

Berdasarkan keterangan warga bahwa peternakan tersebut terletak di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar tepatnya di Jalan Haji Kalla.  Pemkot Kota Makassar, Rabu (4/9/2019), membenarkan adanya pelarangan peternakan babi yang berada di sekitar permukiman penduduk Jalan Haji Kalla, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Makassar. tersebut.

Pengakuan Camat Panakkukang Thahir Dg Ngalli telah menerima rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar terkait pelarangan peternakan Babi yang hingga kini masih beroperasi.
Surat Rekomendasi DLH Makassar Nomor : 660.2/1130/DLH/II/2019 Tanggal 25 Februari 2019 merekomendasikan usaha atau kegiatan peternakan Babi di jalan Haji Kalla, Kelurahan Panaikang telah melanggar Keputusan Wali Kota Makassar Nomor : 524/790/Kep/XI/2010 tentang Penetapan Wilayah Bebas Ternak Dalam Kota Makassar.

DLH Makassar, melalui surat keterangan tertanggal 8 Juli 2019, menganggap bahwa usaha atau kegiatan peternakan babi di Jalan Haji Kalla telah melanggar peraturan. Sebab wilayah Kelurahan Panaikan seharusnya steril dari aktivitas peternakan. Ini sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Makassar Nomor 524 Tahun 2010 tentang Penetapan Wilayah Bebas Ternak Dalam Kota Makassar. 

Dalam menindaklanjuti rekomendasi dari DLH Makassar, camat akan segera melakukan rapat dengan mengundang DLH, Satpol PP Makassar, warga setempat, dan warga pmilik peternakan. Sebelumnya Thahir Dg Ngalli selaku Camat Panakukang telah melakukan beberapa kali pertemuan yang menghadirkan warga setempat, dan warga yang beternak untuk menemukan solusi persoalan ternak Babi yang berlokasi di RT 01 dan RT 10, RW 03, Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang. Dari hasil pertemuan itu, disepakati warga beternak bersama pemerintah Kecamatan Panakkukang akan merelokasi peternakan Babi ke wilayah yang jauh dari permukiman penduduk. akan tetapi sampai kini belum teralisasi.

Pada pertemuan terakhir, telah disepakat agar ternak kandang-kandang berikut babi-nya dipindahkan  ke wilayah yang jauh dari pemukiman penduduk.  Tahir berharap rapat selanjutnya akan memberikan titik terang untuk penyelesaian masalah yang telah berlarut-larut.

Untuk menentukan lokasi pemindahan yang akan dituju, pemerintah Kecamatan Panakkukang akan bermusyawarah dengan instansi teknis terkait lingkup Pemkot Makassar, mengingat lahan kosong yang ada di Kota Makassar jumlahnya terbatas, apalagi lahan yang akan dimanfaatkan sebagai peternakan babi lokasinya harus berada jauh dari lingkungan padat dan permukiman warga

“Jika berjalan lancar, tahun ini dapat terealisasi. Peternakan Babi di jalan Haji Kalla akan direlokasi ke tempat yang jauh dari pemukiman warga, Insya Allah akan dimusyawarahkan agar segera dituntaskan masalah ini,” harap Camat Tahir Dg Ngalli.

@2019;Alf
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Peternakan Babi Dalam Kota Makassar Diprotes Warga, Pemkot Keluarkan Larangan Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan