728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Rabu, 02 Oktober 2019

Ratusan Korban, Ratusan Ditangkap Pada Aksi 30 September 2019 Jakarta



SulselNews.Online - Kerusuhan akibat demonstrasi didepan Gedung DPR-MPR Senayan Jakrta (30/9/19) menyebabkan sejumlah peserta aksi demo harus dirawat di Rumah Sakit.  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan, 210 orang dilarikan ke rumah sakit setelah menjadi korban akibat demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR. Dari 210 orang itu, hanya 15 yang perlu dirawat inap, 195 sisanya dibolehkan pulang.

"Data per tadi pagi pukul 07.30 WIB pagi ini ada 210 orang yang dibawa dengan menggunakan kendaraan ambulans untuk dibawa ke rumah sakit, tapi yang harus rawat inap hanya 15," tutur Anies di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Selsa (1/10/19) didepan para awak media.

Penjelasan Anies meski tak menjelaskan secara lebih rincing tentang korban namun Anis menjekaskan bahwa kebanyakan para korban dari Demonnstran dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

"Yang paling banyak dibawa tujuannya ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), itu paling banyak," katanya

Anies juga menambahkan, 29 unit ambulans juga sudah disiapkan saat demonstrasi
kemarin. Selain itu para petugas dari Satpol PP maupun Dinas Perhubungan (Dishub) dan tim AGD juga berjaga di sekitar lokasi. Anis mengaku menyiapkan segala aparatnya.

“Jadi tadi malam seluruh jajaran kita yang berada di sekitar kawasan kejadian unjuk rasa itu bersiap, kita menyiapkan baik aparat Satpol maupun aparat Dishub, termasuk tim IGD, ambulans Gawat Darurat. Tadi malam kita mengerahkan 29 ambulans yang berada di lapangan dan sampai dengan dini hari memang masih banyak bekerja,” tandas Anies

Berdasarkan pantauan rekan-rekan media semalam, polisi yang memukul mundur para demonstran sempat menembakkan gas air mata di posko pengobatan (Emergensi) yang berpusat di Kampus Atmajaya.  Memang sempat terjadi kekacauan antara petugas kepolisian dengan para demonstran di. Jl. Jenderal Sudirman depan kampus Atmajaya yang terjadi sekitar pukul 20.45 Wib. Polisi menembakan gas air mata untuk memukul mundur massa yang melempar petugas menggunakan batu. Menurut kabar berita bahwa ada kurang lebih sekitar 500 peserta demonstran ditangkap.

Sementara itu Pemprov DKI mengerahkan 200 petugas membersihkan ruas sekitar kawasan Senayan setelah unjuk rasa demonstran pada Senin (30/9) kemarin. Pembersihan dilakukan pagi hari ini karena ada acara pelantikan anggota DPR RI.

Anies mengatakan, petugas kebersihan juga sudah berupaya semaksimal mungkin agar jalan-jalan  kembali normal dan bisa dilewati. Pembersihan dilakukan pada malam hari menjelang pagi.  Selain itu, beton-beton pembatas jalur TransJakarta yang banyak terjatuh dan berubah posisi juga sudah dikembalikan seperti semula.

Dilain sisi dari informasi yang didapatkan SulselNews.Online, hari ini (1/10/19) kembali akan terjadi unjuk rasa dari kalangan Mahasiswa dan berbagai elemen yang juga bertepatan hari pelantikan anggota DPR-MPR periode 2019-20124, namun waktu dan titik kumpul unjuk rasa sampai berita ini diturunkan belum terkonfirmasi dan terlihat. 

@2019; Mst
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ratusan Korban, Ratusan Ditangkap Pada Aksi 30 September 2019 Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan