728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Kamis, 24 Oktober 2019

Kebakaran di Gunung Lompobattang dan Bawakaraeng belum padam


SulselNews.Online-Kebakaran yang terjadi  di Kampung Bangkeng Kajang, Dusun Balleanging, Desa Manimbaho yang lokasinya termasuk wilayah kaki Gunung Lompobattang hingga saat ini masih belum padam.

"Titik kebakaran susah dipadamkan dengan cepat karena lokasinya berada di ketinggian sementara akses ke sana juga tidak memadai. Hanya saja kita tetap melakukan upaya agar paling tidak api tidak semakin membesar dengan cara menghalaunya," kata Camat Parigi Kabupaten Gowa, Muhammad Guntur di Gowa, Rabu yang dilansir dari antar.com.

Meski demikian pihaknya bersama masyarakat, Manggala Agni, TNI/Polri dan tim Dinas Pemadam Kebarakan (Damkar) terus melakukan langkah-langkah agar api tidak semakin meluas.

Guntur mengatakan alat terbatas dan  hembusan angin kadang-kadang datang begitu kencang sehingga dianggap dapat membahayakan warga dan tim saat melakukan pemadaman.

"Pemadaman kita lakukan secara biasa hingga dini hari, tim juga diganti secara bergilir. Sejak kejadian sampai saat ini tim dan warga betul-betul telah melakukan upaya penuh," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang didampingi Tim Penanganan Karhutla saat memantau kondisi pemadaman lokasi kebakaran hutan meminta agar tim penanganan yang dibantu penuh oleh masyarakat secara bersama-sama melakukan pemadaman dengan melihat kondisi titik kebakaran terlebih dahulu.

"Semaksimal saja dilakukan, kalau memang lokasinya sulit untuk dilewati tidak usah dipaksakan. Harus mengutamakan keselamatan diri sendiri, yang jelas segala upaya telah dilakukan seperti memadamkan dengan alat seadanya," katanya.

Wabup Gowa memotivasi masyarakat dan tim yang telah bekerja semaksimal mungkin.

"Kita sudah lihat langsung kalau lokasi kebakaran hutan ini memang sangat sulit dijangkau. Belum lagi lokasi sumber air cukup jauh dengan titik yang terbakar," katannya




Diketahui sebelumnya kebakaran Hutan Gunung lompobattang terjadi sejak minggu malam 20/10/19 dan kini merambah hingga ke kawasan Gunung Bawakaraeng, yang kini dilaporkan masih terus melanda hingga Rabu (23/10) dini hari.

Kebakaran yang awalnya terjadi di kaki gunung Lompobatang merambat hingga gunung bawakaraeng yang titik apinya terpantau terjadi di Pos I, II dan III yang dapat terlihat dari jarak jauh di dusun Lembana, namun dengan kesigapan tim Satgas gabungan, mereka dapat memadamkan api diarea tersebut. 

Menurut laporan bahwa api saat ini mengarah ke desa Topidi yang masuk are kecamatan Tinggi Moncong, merambat ke jalur pendakian Lembah Ramma dan Kelurahan Bonto Berung yang masuk Area Gunung Bawakaraeng.


Disebutkan bahwa kebakaran di kaki Gunung Bawakaraeng berbeda titik dengan kaki Gunung Lompobattang. Para tim Satgat menyebut faktor angin membuat api cepat menjalar.
Hingga hari ke 4 Tim gabungan TNI - Polri dan Sar telah bekerja keras untuk memadamkan api akan tetapi kobaran angin kencang dan sulit mendapatkan air dari titik api sehingga menyulitkan pemadaman secara optimal.  Pihak pemerintah setempatpun sudah megerahkan mobil Damkar.
Masyarakat disekitar lokasi turut membantu, dan sebagian pula mengungsi kelokasi-lokasi yang aman.  Diperkirakan ratusan Hekatar hutan di dua lokasi ini (Lompobattang dan Bawakaraeng terancam hangus terbakar.  Pihak kepolisian sampai kini terus menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

 

  Red: Andi
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kebakaran di Gunung Lompobattang dan Bawakaraeng belum padam Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan