728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 02 November 2019

Video Detik-Detik Rumah Warga Dibakar Massa Di Kab. Sinjai. Begini Penyebabnya



SulselNewsOnline-Viral video detik-detik warga bakar satu rumah di Sinjai Barat. Rumah permanen itu milik Bahri yang berada di Dusun Tassoso, Desa Gunung, Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulsel, dibakar oleh sekelompok massa karena persoalan hukum adat.

Videio tersebut singkat beredar yang memperlihatkan belasan warga sengaja rusak hingga bakar satu rumah di Sinjai Barat, Kamis (31/10/2019). Video singkat tersebut diunggah oleh akun Facebook, Yuni Rusmini.

Pada postingan tersebut terlihat beberapa warga sengaja melempari rumah berwarna hijau menggunakan batu, kemudian ada juga yang melempar bahan bakar yang disimpan dalam Plastik.  Tak lama setelahnya sesorang membakarnya. Video tersebut diambil tepat di seberang jalan rumah yang dibakar warga.  Dalam video itu juga terdengar suara tangisan dan teriakan dari balik kamera yang merekam.

Menurut informasi yang kami dapatkan, aksi pembakaran itu karena ketidak puasan sekelompok massa atas keputusan pemangku adat Desa Gunung Perak yang menerima kembali kehadiran dari pria bernama Bahri.

Sebelumnya, Bahri dikabarkan sempat terlibat masalah di daerah tersebut yakni kawin lari atau Silariang (bahasa Bugis) dengan kekasihnya inisial SLH pada tahun 2018. Sekelompok massa menganggap kejadian itu adalah karena siri' (ungkapan Bugis) dan belum ingin menerima kehadiran Bahri di Desa Gunung.

Bahri  melakukan pelanggaran adat yakni Silariang atau kawin lari dengan seorang wanita berinisial SLH.  Atas perbuatannya itu, Bahri dan SLH pun disanksi adat yakni diminta atau diusir dari kampung halamannya Desa Gunung.

Pada Sabtu, 31 Agustus 2019 lalu, Bahri dan SLH ini nekat pulang kampung. Pemangku adat Desa Gunung Perak ini juga ikut memutuskan menerima kembali Bahri dan rekannya yang sempat diusir dari kampung itu.  Dikabarka Bahri danSLH Sudah melangsungkan perkawinan tanpa persetujuan keluarga SLH.

Mekipun Bahri bermaksud baik, namun  keluarga dari Isteri pelariannya tidak menerima ingin menerima keberadaan Bahri dikampung tersebut.  Apalagi keputusan pemangku adat yang mengisinkan Bahri dan Isterinya utnuk kembali. Karena keluarga mengaku tidak dihadirkan pada saat rapat adat tersebut akhirnya mereka naik pitam. 

Sekelompok massa dari keluarga perempuan itu naik pitam dana marah hingga berujung dengan pembakaran rumah Bahri. Beruntung saja, saat pembakaran tersebut tak ada orang dalam rumah. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, kerugian material ditaksir ratusan juta rupiah.

Menurut pengakuan tetangga korban, pada saat kejadian Bahri sementara menuju ke Polres karena sebelumnya juga ada pengancaman pembakaran rumah. Saat itu Bahri berencana membuat laporan mengaduan atas pengancaman tersebut. namun disaat bersamaan ternyata Rumah Bahri sudah dilalap si Jago Merah. Peristiwa pembakaran itu terjadi Kamis sore, pukul 17.30 Wita 31 Oktober 2019.

Dengan terjadinya pembakaran rumah warga, Polres Sinjai langsung berkoordinasi dengan personel Batalyon C Pelopor Brimob Polda Sulsel untuk membackup pengamanan di lokasi kejadian. 31 personel diberangkatkan ke Kabupaten Sinjai. 


Personel gabungan dari Polres Sinjai yang dibackup oleh personel Batalyon C Pelopor Brimob Polda Sulsel melakukan pengamanan dan penyelidikan terkait kasus tersebut. Personel gabungan ini berhasil menangkap 10 orang warga yang diduga pelaku pembakaran.

Ke 10 warga yang diamankan ini masing-masing bernama, Thamrin Bin Bida alias Tanra, 45 tahun, Syamsuddin Bin Hamka, 40 tahun, Baso Bin Hademing, 46 tahun, Uddin Bin Lepu, 52 tahun, Sumar Bin Pudding, 28 tahun, Zulfikar Bin Baco, 19 tahun, Bakri Bin Tantu, 48 tahun, Nasir Bin Deng Rieng, 55 tahun, Ahmad Bin Boci, 42 tahun dan Tamrin alias Aco Bin Tantu, 45 tahun.

   
  @2019; Alf
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Video Detik-Detik Rumah Warga Dibakar Massa Di Kab. Sinjai. Begini Penyebabnya Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan