728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Sabtu, 21 Desember 2019

FPI Memutuskan Untuk Tidak Memperpanjang SKT (Surat Keterangan Terdaftar)


RS-02-Organisasi kemasyarakatan yang berbasis Islam, Front Pembela Islam  (FPI) kali ini memutuskan untuk tidak akan memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Kementerian Dalam Negeri. 

Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis mengatakan Surat Keterangan Terdaftar itu tidak diperlukan, karena itu juga tak ada gunanya.

"FPI TIDAK Perlu memperpanjang rekomendasi (SKT), bahkan males memperpanjang  rekomendasi, toh, tidak berguna," ungkap Shabri di Jakarta, Jumat (20/12/19


Shabri menuturkan SKT dari Kemendagri tidak diperlukan karena FPI selama ini tidak pernah meminta bantuan dari pemerintah. 

Salah satu manfaat adanya SKT agar FPI mendapat bantuan dari pemerintah ( Dana Hibah ), namun FPI disebutnya bisa berjalan tanpa bantuan pemerintah sehingga SKT tidak diperlukan dan tak berguna.

"Terdaftar tidak bermanfaat untuk FPI. Karena FPI tidak pernah meminta bantuan sama pemerintah," katanya.

Diberitakan sebelumnya bahwa SKT FPI sebagai ormas di Kementerian Dalam Negeri telah selesai pada masa berlakunya sejak Juni 2019, sementara FPI telah melengkapi dokumen sebagai persyaratan untuk menambah SKT, namun pemerintah belum juga menyediakan perpanjangan SKT FPI dengan berbagai alasan.

Dilain sisi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan ada yang terkait dengan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga yang dimiliki FPI sehinnga SKT belum bisa dikeluarkan.


Sementara Mendagri Tito Karnavian menilai visi dan misi FPI masih tertuang dalam AD / ART tentang Khilafah Islamiyah.  Dia menjelaskan visi dan misi FPI masih dipersoalkan karena diijinkan menyetujui penerapan Islam di bawah naungan khilafah islamiyah melalui pelaksanaan dakwah, penegakan hisbah, dan pengawalan jihad.

FPI sendiri sudah membuat surat pengakuan terhadap negara dan Pancasila. Surat itu menurut Menteri Agama Fachrul Razi ditandatangani di atas meterai.

"Memang ada langkah maju, FPI telah membuat persetujuan setia pada Pancasila dan NKRI," ujar Fachrul usai rapat terbatas dengan Mendagri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu 27/11/19 lalu.


Sebagaimana diketahui, beberapa pengamat menilai bahwa Perpanjangan SKT FPI terindikasi dengan nilali Politis didalamnya sebagaimana diketahui pada Pilpres April 2019 lalu, FPI menegaskan untuk mendukung Prabowo-Sandi dan bukan ke Jokowi-Ma'ruf.

@2019, MD
loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: FPI Memutuskan Untuk Tidak Memperpanjang SKT (Surat Keterangan Terdaftar) Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan