728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Selasa, 07 April 2020

Anwar Faruq: Pemerintah Kota Wajib Menyiapkan Masker Bagi Seluruh Warga Kota Makassar



RS-02.Com - Pemerintah secara resmi telah mengeluarkan aturan agar setiap orang yang keluar rumah diharuskan memakai masker. Hal ini seiring dengan imbauan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

Menanggapi adanya kewajiban untuk memakai masker bagi seluruh warga indonesia mulai 5 April 2020 kemarin yang disampaikan oleh Bpk Achmad Yulianto,selaku juru bicara pemerintah terkait Covid19,

Menurut Anwar Faruq, legislator PKS  bahwa ia telah berkoordinasi dengan PJ. Walikota pagi tadi (6/4/20)

“Saya telah menyampaikan pesan melalui WA kepada PJ Walikota Makassar agar pemerintah kota Makassar melakukan droping Masker kepada seluruh warga Makassar melalui RT/RW. Sehingga masyarakat bisa memenuhi kewajiban ini. Masyarakat mau pakai masker kalau ada yang bisa dipakai,” ungkap Anwar

Anwar juga merasa prihatin dengan minimnya masker dipasaran.  Disamping itu harganyapun sudah melambung tinggi.

“Harga masker sudah mencapai 5000 an/lembar itu juga kalau ada,” lanjutnya

Hal lain yang disampaikan oleh Anwar Faruq adalah harus ada team khusus disetiap kelurahan untuk tanggap Covid19 yang bertugas memberikan edukasi dan melakukan tindakan pertama jika ada warga atau orang yang sakit di wilayah kelurahan itu.

“Cara ini diyakini dapat mengurangi risiko penularan Covid-19,” katanya

Legislator DPRD Kota Makassar 2019-2024 ini juga menyoroti tentang adanya video yang beredar di media social, dimana terlihat ada korban yg jatuh ditengah jalan atau di pusat keramaian tapi tidak ada yg berani menolong karena takut terpapar Covid19, padahal belum tentu mereka carrier atau menderita Corona.

“Video seperti Ini penting ditanggapi sehingga peran pemerintah sampai tingkat RT/RW perlu digalakkan.  Masyarakat perlu diberi pehamaman secara detail dan terarah,” Anwar Faruq mengakhiri himbauannya.

Seperti diketahui jumlah pasien corona khususnya di kota Makassar sesui data yang tercantum pada Dinas Kesehatan Kota Makassar  
(infocorona.makassar.co.id) 5 April pukul 21.00 Wita dengan jumlah ODP 376 kasus.  326 Dalam Pemantauan dan 8 Telah seleai Pemantauan.  Sementara PDP berjumalah 121. Yang masih dirawat 89 pasien, 24 dinyatakan Sehat dan 8 meninggal.  Untuk Positif Corona 53 Pasien, 37 masih dirawat, 10 sembuh dan 6 meninggal.

Dari sekian jumlah pasien tersebut, menurut penuturan PJ walikota, Iqbal Suhaeb pada hari ini senin 6 April 2020 telah memetakan sebaran ditiap kecamatan.  Dalam petaan kasus tersebut ada Empat Kecamatan yang paling Dominan, yakni Kecamatan Rappocini, Panakukang, Manggala dan Tamalate.

Dari Tracking (Pelacakan) dari ke Empat lokasi tersebut, dibagi beberapa Claster seperti Claster Umroh yang terakhir pulang melalui 7 Travel dari 4 perusahaan yang sudah terlacak.

Selanjutnya Klaster pertemuan ibadah di Muna, Sulawesi tenggara dan juga Tracking dari Klaster   Bogor sebab ada Dua kasus pasien meninggal di Klaster tersebut.

Kemudian Klaster Ijtima ulama Zona Asia 2020 di Pakkatto Gowa, namun untuk Tracking Klaster ini tidak terlalu besar.

@2019: AMSH

loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Anwar Faruq: Pemerintah Kota Wajib Menyiapkan Masker Bagi Seluruh Warga Kota Makassar Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan