728x90 AdSpace

Info Terkini Rajawali Selatan
Minggu, 23 Agustus 2020

Pasar Senggol Makassar Terbakar, Puluhan Kios Ludes dan Satu Korban Jiwa



RS-02.COM - Pasar senggol yang terletak di. Jl. Cenderawatih, Ke. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi selatan dilanda kebakaran. Ada puluhan kios yang ludes ditelan sijago merah.  Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Makassar memperkirakan sedikitnya ada puluhan kios yang terbakar pada Minggu (23/8/2020) dini hari.

Dinformasikan seorang warga yang juga selaku pemilik kios dipasar berusia 50 tahun dikabarkan meninggal dunia setelah berusaha menyelamatkan barang dagannya.  Ia diduga terjebak dalam kobakan api hingga mengalami sesak napas dan dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara, Makassar, namun Pria yang bernama H. Anwar tak mampu tertolong oleh paramedis.

Pelaksana Tugas Kadis Damkar Makassar, Elodewata yang dikonfirmasi saat berada di TKP membenarkan hal tersebut.  Dijelaskan Elodewata bahwa Sesui informasi  diperolehnya Anwar turuut serta mengevakuasi bersama anggota Damkar, akan tetapi diduga dia terjebak asap hingga akhirnya pingsan lalu dibawa ke rumah sakit dan meninggal dunia.

25 unit armada Damkar bersama Puluhan personel dikerahkan untuk memadamkan api yang menghanguskan sejumlah unit bangunan Lapak / kios dan juga rumah yang terletak diareal pasar yang pada umumnya bangunan yang terbakar adalah semi permanen.

"Sekitar 1 jam apinya baru bisa tim kami padamkan. Itu karena Pemadaman terkendala dengan kerumunan masyarakat yang juga berusaha memadamkan sendiri apinya sehingga petugas kami mengalami kesulitan,” jelas Elodewata.

Dikonfirmasi terkait penyebab kebakaran, Plt Damkas Makassar ini belum bisa memastikan hal tersebut.  Dirinya hanya mengetahu jika kejadian awal munculnya api berasal dari kios yang terlaetak dibagian tengah dari lokasi Pasar.

Sementara itu Kapolsek Mariso, Kompol Ahmad Yulias menginformasikan jika untulk saat ini pihaknya sementara mendata berapa banyak rumah hingga kios yang terbakar dalam peristiwa ini, namun dari pengakuannya, bahwa dari hasil penyelidikan penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan.

Ahmad Yulias menegaskan jika pihaknya hingga saat ini masih mengamankan tempat kejadian.  Dan demi kepentingan penyelidikan, pihaknya berkoordinasi dengan laboratoriun forensik Polda Sulsel.  Untuk itu mereka para personil kepolisian tetap berada di lokasi sampai betul-betul masyarakat pulang ke rumah masing masing.  Polisi juga belum bisa merinci berapa jumlah kerugian yang dialami oleh para korban.



Untuk diketahui Pasar Senggol Makassar merupakan pasar tradisional yang terletak di Bilangan Jalan Cenderawasih, Kecamatan Mariso, Makassar. Menjadi ajang bisnis bagi para warga Makassar utamanya dagangan pakaian.  Pasar tradisional ini juga kerap dikeluhkan oleh Warga pengguna Jalan karena hamper setiap areal tersebut terjadi kemacetan yang pancang utamanya pada malam hari.   Disamping itu menurut pengunjung pasar bahwa diareal ini mereka sering dipalak oleh para tukang Parkir yang meminta bayaran parkir Rp. 10.000 per mobil dan Rp. 5.000 untuk pengendara roda dua.

2020: (Md)

loading...
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pasar Senggol Makassar Terbakar, Puluhan Kios Ludes dan Satu Korban Jiwa Rating: 5 Reviewed By: Rajawali Selatan